Langsung ke konten utama

METODE KEPRAMUKAAN

METODE KEPRAMUKAAN
Oleh
Abdul. Kholiq

SAPU TANGAN MERAH PUTIH
Sapu tangan merah putih
Yang melingkar dileherku
Tanda kasih dan setia
Kepada Nusa dan Bangsa
 Diiringi Trisatya dan Dasa Dharma
Ingatlah adik, jangan kau lupa
Merah Brani Putih suci
Berbakti pada pertiwi
Lima jari kusalamkan
Dengan do’a Ku Ucapkan
Slamat berjuang, selamat berbakti
Pramuka kita, jangan dilupakan.

KEGIATAN PRAMUKA HARUS DILAKSANAKAN DENGAN PRINSIP DASAR METODIK PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN
• Antara lain dalam bentuk kegiatan menarik yang mengandung pendidikan.
• Maka penyajiannya dilakukan dengan berbagai variasi.

???

DENGAN MENGGUNAKAN BERBAGAI METODE
APA METODE ITU ?



PENGERTIAN METODE KEPRAMUKAAN
• Yaitu cara yang digunakan oleh kakak pembina untuk menyampaikan materi kepramukaan kepada adik-adik yang dibinanya

MACAM-MACAM METODE KEPRAMUKAAN
• Bermain
• Menyanyi
• Lomba
• Bermain peran
• Bercerita
• Kerja kelompok
• Tak Terduga (Surprise)
• Demonstrasi
• Menirukan
• Pengamatan

SYARAT MENGGUNAKAN METODE KEPRAMUKAAN APA?
Syarat Mengunakan Metode
• Menguasai Teori dan Ciri-ciri penggunaan tersebut
• Mampu memilih metode yang cocok dengan jenis macam latihan.
• Penggunaan metode Harus bergantian dan selalu menarik.
• Adanya kombinasi penggunaan beberapa metode
• Disesuaikan dengan adik-adik yang dibina.

 Contoh Lagu Pramuka Penyemangat

OTTO BEMO
• Otto bemo           
• Bemo otto
• Beroda tiga           
• Tiga beroda
• Tempat berhenti       
• Berhenti tempat
• Ditengah-tengah kota   
• Kota ditengah-tengah
• Nona Datang       
• Datang Nona
• Hendak kemana       
• Kemana Hendak
• Silahkan naik       
• Naik Silahkan
• Nona bilang       
• Bilang nona
• Tidak punya uang   
• Uang tidak punya
• Jalan kaki saja       
• Kaki jalan saja

Api Ungun
• Mari bersama, berjalan kesana
• Ke api ungun gembira ria
• Lihatlah api tlah nyala menyala
• Ke api Ungun gembira ria
•     Api riang ria ya ya
•     Tempat kita bersuka ria 2x

ALHAMDULILLAH, SELAMAT MENGABDI DAN BERJUANG

Komentar

Postingan populer dari blog ini

29 Kata Bijak Basudewa Khrisna (Mahabharata)

29 Kata Bijak Basudewa Khrisna (Mahabharata) ‘unzhur maa qaala, wa laa tanzhur man qaala Lihatlah apa yang dikatakan, jangan lihat siapa yang mengatakan Semoga menginspirasi ya....

MAKALAH TANTANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Masalah Pendidikan Islam suatu kegiatan yang mengarahkan dengan sengaja perkembangan seseorang sesuai atau sejalan dengan nilai-nilai Islam. Secara umum, pendidikan Islam adalah upaya sistematis untuk membantu anak didik agar tumbuh berkembang mengaktualkan potensinya berdasarkan kaidah-kaidah moral Alquran, ilmu pengetahuan, dan keterampilan hidup (life-skill) . Akan tetapi, walaupun telah dilakukan usaha-usaha pembaharuan pendidikan Islam, namun dunia pendidikan Islam masih saja dihadapkan pada beberapa tantangan dan problema.  Al-Qur’an dan Sunnah gagal ditempatkan sebagai sumber otentik pengembangan pemikiran teoritis atau pun praktis bagi tujuan merumuskan panduan/petunjuk kehidupan dunia. Lebih-lebih ketika dihadapkan pada arus deras globalisasi yang meskipun terbuka peluang namun syarat dengan berbagai tantangan yang memerlukan upaya dan konsentrasi maksimal untuk mampu menciptakan pendidikan bersaing di ruang global. Pend

MAKALAH PRINSIP DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BELAJAR

BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Masalah Belajar merupakan kegiatan manusia untuk merubah dirinya dari ketidak tahuan menjadi tahu, dari ke samaran menjadi jelas . Belajar adalah suatu proses atau kegiatan yang terjadi pada semua orang yang berlangsung terus menerus hingga akhir hayat. Dari proses belajar akan ada hasil yang ditimbulkan yaitu berupa perubahan tingkah laku pada diri individu maupun kelompok, perubahan tingkah laku tersebut menyangkut perubahan dalam aspek pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotor) dan sikap (afektif). Ada istilah belajar dan ada pula istilah pembelajaran. Pembelajaran yang dimaksud ini merupakan usaha sadar dan terencana dengan maksud agar terjadi proses belajar pada diri seseorang maupun kelompok, namun lebih diutamakan untuk individu. Dalam proses belajar sendiri banyak hal-hal penting yang harus diketahui dan dipahami oleh pengajar / guru mengenai apa saja yang harus diperhatikan dalam proses pembelajaran agar proses belaja