BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Masalah
Berdasarkan
rencana strategis departemen pendidikan nasional tahun 2005-2009 yang
menetapkan bahwa bangsa Indonesia harus memiliki sumber daya manusia (SDM)
berkualitas sehingga setiap warga negara mampu meningkatkan kualitas hidup,
produktivitas, dan daya saing terhadap bangsa lain di era global. Oleh karena
itu, pendidikan dituntut untuk menyiapkan SDM agar memiliki kemampuan bersaing
secara global. Dengan kata lain, pendidikan bertugas untuk dapat mempersiapkan
SDM yang kompeten agar mampu bersaing dalam dunia global.
Salah satu alternatif pemecahan masalah pendidikan
tersebut, melalui penerapan teknologi pembelajaran, yaitu dengan mendayagunakan
sumber-sumber belajar (Learning resources) yang dirancang, dimanfaatkan, dan
dikelola untuk tujuan pembelajaran. Dengan demikian, aplikasi praktis teknologi
pembelajaran dalam pemecahan masalah belajar mempunyai bentuk konkret dengan
adanya sumber belajar yang menfasilitasi peserta didik untuk belajar.
Dalam konteks teknologi pembelajaran Pendidikan Agama Islam juga
memerlukan komponen sistem pembelajaran yang perlu dirancang
terlebih dahulu dalam proses desain atau pemilihan pemanfaatan, dan di kombinasikan menjadi sistem
pembelajaran yang lengkap untuk mewujudkan terlaksananya proses belajar yang
bertujuan dan terkontrol. Mulai
dari fasilitas belajar/pembelajaran didalam teknologi pembelajaran serta penerapannya
pada pembelajaran agama Islam
B. Rumusan Masalah
1.
Apa saja fasilitas belajar/pembelajaran didalam
teknologi pembelajaran ?
2.
Bagaimana penerapannya pada pembelajaran agama
Islam ?
3.
Apa saja manfaat teknologi pembelajaran dalam proses pembelajaran ?
C. Tujuan
Masalah
1. Untuk mengetahui fasilitas
belajar/pembelajaran didalam teknologi pembelajaran
2.
Untuk
mengetahui penerapannya
pada pembelajaran agama Islam
3.
Untuk mengetahui
manfaat
teknologi pembelajaran dalam proses pembelajaran
D.
Manfaat
1.
Dapat
mengetahui fasilitas
belajar/pembelajaran didalam teknologi pembelajaran
2.
Dapat mengetahui
penerapannya pada pembelajaran agama Islam
3.
Dapat mengetahui manfaat
teknologi pembelajaran dalam proses pembelajaran
BAB
I
PEMBAHASAN
A. Fasilitas Belajar / Pembelajaran dalam Teknologi Pembelajaran
1. Pengertian
Fasilitas Belajar / Pembelajaran dalam Teknologi Pembelajaran
Dalam
kamus besar Bahasa Indonesia, fasilitas adalah segala hal yang dapat memudahkan
perkara (kelancaran tugas dan sebagainya) atau kemudahan.[1]
Menurut
Muhroji dkk (2004:49) “Fasilitas belajar adalah semua yang diperlukan dalam
proses belajar mengajar baik bergerak maupun tidak bergerak agar tercapai
tujuan pendidikan dapat berjalan lancar, teratur, effektif, dan efisien”.[2]
Sedangkan teknologi dalam
pendidikan adalah penggunaan / pemanfatan hasil teknologi industri di dalam
proses pendidikan.[3]
Dari
pendapat-pendapat diatas dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa fasilitas
belajar / pembelajaran dalam teknologi pembelajaran adalah segala sesuatu baik
berupa benda bergerak atau tidak bergerak yang diperoleh dari hasil teknologi
industri yang dapat mempermudah, memperlancar, mengefektifkan serta
mengefisienkan penyelenggaraan kegiatan belajar guna mencapai tujuan belajar.
2.
Fasilitas
- Fasilitas Belajar / Pembelajaran dalam Teknologi Pembelajaran
Fasilitas -
fasilitas belajar / pembelajaran berhubungan dengan teknologi dalam pendidikan
dan teknologi instruksional (media pembelajaran).
a. Teknologi dalam Pedidikan
Teknologi
dalam pendidikan adalah gedung - gedung sekolah, laboratorium IPA, laboratorium
IPS, laboratorium Bahasa dan laboratorium yang lain yang ada kaitannya dengan
sekolah / pendidikan. komputer dengan segala perangkatnya, internet dengan
segala jaringannya, buku-buku penunjang dan media cetak lainya.
b.
Teknologi Instruksional
(Media pembelajaran)
Kata
media berarti perantara atau pengantar. Bahwasannya media itu merupakan wahana
penyalur pesan atau informasi belajar. Jadi media mempunyai ciri:
1)
media merupakan wadah
dari pesan yang oleh sumber atau penyalurnya ingin diteruskan kepada sasaran
atau penerima pesan tersebut,
2)
bahwa materi yang ingin
disampaikan adalah pesan pembelajaran, dan bahwa tujuan yang ingin dicapai
adalah terjadinya proses belajar.[4]
Didalam Peraturan
Pemerintah No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan yang menyangkut
standar sarana dan prasarana pendidikan secara nasional pada Bab VII Pasal 42
dengan tegas disebutkan bahwa :
-
Setiap
satuan pendidikan wajib memiliki sarana yang meliputi perabot, peralatan
pendidikan, media pendidikan, buku dan sumber belajar lainnya, bahan habis
pakai, serta perlengkapan lain yang diperlukan untuk menunjang proses
pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan.
-
Setiap
satuan pendidikan wajib memiliki prasarana yang meliputi lahan, ruang kelas,
ruang pimpinan satuan pendidikan, ruang pendidik, ruang tata usaha, ruang
perpustakaan, ruang laboratorium, ruang bengkel kerja, ruang unit produksi,
ruang kantin, instalasi daya dan jasa, tempat berolah raga, tempat beribadah,
tempat bermain, tempat bekreasi, dan ruang/tempat lain yang diperlukan untuk
menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan.[5]
B.
Penerapannya pada
Pembelajaran Agama Islam
Penerapan
Teknologi Informasi dalam Pembelajaran PAI yaitu :
1.
Penggunaan program power point dalam proses
pembelajaran PAI di kelas. Melalui proram tersebut, guru tinggal menulis
poin-poin penting materi yang akan disampaikan.
2.
Menggunakan e-mail untuk mengumpulkan tugas
dari peserta didik.
3.
Menggunakan mailing list untuk diskusi kelas
yang diajarkan.
4.
Menggunakan web blog untuk pembelajaran di
dalam atau luar kelas.[6]
Telaah faktor yang mempengaruhi penerapan tekhnologi informasi
dalam Pembelajaran PAI yaitu :
1. Dukungan
sarana dan prasarana yang representatif.
2. Pembiayaan
sebagai salah satu instrument yang mendukung pengadaan dan pelaksanaan
pembelajaran PAI melalui tekhnologi informasi.
3. Dukungan
dan kebijakan baik dari pemerintah dan masyarakat, dalam pembelajaran PAI.
4. Pentingnya
dimiliki sumber daya, kemampuan dan keterampilan dalam penggunaan tekhnologi
informasi terutama dalam proses pembelajaran.
5. Aplikasi
sistem (Software), oleh karena itu penting pengadaan dan penggunaan aplikasi
yang mendukung model-model pembelajaran.
6. Motifasi
dan ketertarikan siswa dalam pembelajaran PAI yang menggunakan tehnologi.
7. Tekhnologi
informasi dalam pembelajaran pada sisi lain membawa pengaruh negative terhadap
diri siswa.
8. Pentingnya
penyediaan tenaga tekhnis yang memiliki keahlian atau keterampilan dalam
mengelolah dan memelihara peralatan ICT.[7]
C.
Manfaat Teknologi Pembelajaran
Pemanfaatan
produk teknologi (media) didalam pendidikan mampu memberikan /menimbulkan efek-efek positif,
yaitu:
1.
Media mampu memberikan rangsangan yang
bervariasi kepada otak kita, sehingga otak kita dapat berfungsi secara optimal
2.
Media dapat
mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh peserta didik
3.
Media dapat melampaui batas ruang kelas
4.
Media memungkinkan adanya interaksi
langsung antara peserta didik dan lingkungannya
5.
Media
menghasilkan keseragaman pengamatan
6.
Media
membangkitkan keinginan dan minat baru
7.
Media
membangkitkan motivasi dan merangsang untuk belajar
8.
Media memberikan pengalaman yang
integral/ menyeluruh dari sesuatu yang konkret maupun abstrak.[8]
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
1. Fasilitas Belajar / Pembelajaran dalam Teknologi Pembelajaran
a. Pengertian Fasilitas Belajar / Pembelajaran dalam Teknologi Pembelaran
Fasilitas belajar / pembelajaran
dalam teknologi pembelajaran adalah segala sesuatu baik berupa benda bergerak
atau tidak bergerak yang diperoleh dari hasil teknologi industri yang dapat mempermudah,
memperlancar, mengefektifkan serta mengefisienkan penyelenggaraan kegiatan
belajar guna mencapai tujuan belajar.
b. Fasilitas - Fasilitas Belajar
/ Pembelajaran dalam
Teknologi Pembelajaran
Fasilitas -
fasilitas belajar / pembelajaran berhubungan dengan teknologi dalam pendidikan
(gedung - gedung sekolah, laboratorium IPA, laboratorium IPS, laboratorium
Bahasa, komputer, internet, buku-buku penunjang dan media cetak lainya) dan
teknologi Instruksional (media pembelajaran).
2.
Penerapannya
pada Pembelajaran Agama Islam
Penerapan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran PAI yaitu :
a. Penggunaan
program power point dalam proses pembelajaran PAI di kelas. Melalui proram
tersebut, guru tinggal menulis poin-poin penting materi yang akan disampaikan.
b. Menggunakan
e-mail untuk mengumpulkan tugas dari peserta didik.
c. Menggunakan
mailing list untuk diskusi kelas yang diajarkan.
d. Menggunakan
web blog untuk pembelajaran di dalam atau luar kelas
3.
Manfaat
Teknologi Pembelajaran
Pemanfaatan
produk teknologi (media) didalam pendidikan, yaitu:
a. Media mampu
memberikan rangsangan yang bervariasi kepada otak kita, sehingga otak kita
dapat berfungsi secara optimal
b. Media dapat
mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh peserta didik
c. Media dapat
melampaui batas ruang kelas
d. Media
memungkinkan adanya interaksi langsung antara peserta didik dan lingkungannya
e. Media
menghasilkan keseragaman pengamatan
f. Media
membangkitkan keinginan dan minat baru
g. Media
membangkitkan motivasi dan merangsang untuk belajar
h. Media
memberikan pengalaman yang integral/ menyeluruh dari sesuatu yang konkret
maupun abstrak
c.
Saran
Makalah ini masih banyak kekurangan dan kelemahan baik dari segi
penulisan maupun isi, maka dari itu kritik dan saran yang bersifat membangun guna
penyempurnaan makalah ini, sehingga makalah selanjutnya ada perubahan yang
lebih baik.
DAFTAR
PUSTAKA
Departemen Pendidikan Nasional. (2001). Kamus Besar
Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.
file:///D:/Libraries/Pictures/Newfolder/fisikaasyipermasalahanpendidikantentangsaranadanprasaranasekolahdiindonesia.htm
Latuheru, John D. 1988. Media Pembelajaran:Dalam
Proses Belajar-Mengajar Masa Kini. Jakarta; P2LPTK.
Latuher,John D.1988 Media pembelajaran.
Departemen pendidikan dan kebudayaan, Jakarta.
Miarso, Yusufhadi. 1985. Teknologi Komunkasi
Pendidikan: Pengertian dan Penerapannya di Indonesia. Jakarta: Rajawali.
Sutarman,
2009, Pengantar Teknologi Informasi, Jakarta: Bumi Aksara.
Uno. B. Hamzah B. Uno, 2010, Teknologi
Komunikasi & Informasi Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.
[1] Departemen Pendidikan Nasional. (2001). Kamus Besar Bahasa
Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka. Hlm. 314
[2]file:///D:/Libraries/Pictures/Newfolder/PerananFasilitasSekolahDalamMenunjangKeberhasilanProsesPembelajaranMRSYAMZONE.htm
[3] Latuheru,
John D. 1988. Media Pembelajaran:Dalam Proses Belajar-Mengajar Masa Kini.
Jakarta; P2LPTK. Hlm. 5
[4] Miarso,
Yusufhadi. 1985. Teknologi Komunkasi Pendidikan: Pengertian dan Penerapannya
di Indonesia. Jakarta: Rajawali.
[5]file:///D:/Libraries/Pictures/Newfolder/fisikaasyipermasalahanpendidikantentangsaranadanprasaranasekolahdiindonesia.htm
[7] Uno. B. Hamzah B. Uno, 2010, Teknologi Komunikasi & Informasi
Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara. Hlm 78
Komentar
Posting Komentar